Ternyata Salah Satu Tanda Kiamat Yang Paling Jelas Ini Sudah Nyata Muncul

edukaislam.com - Salah Satu rukun Iman yang wajib di Imani oleh kaum muslimin adalah Iman kepada hari kiamat. Nah, Apa saja tanda-tanda kiamat sudah muncul sekarang ini? Iya betul sudah ada, dan sudah ada semenjak Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus. 

sidomi.com


Pertama, Diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam


Dengan diutusnya Nabi Muhammad, sekaligus merupakan tanda-tanda pertama kiamat.  Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mucul sudah merupakan tanda hari kiamat yang sangat jelas bagi kaum muslimin.

Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةَ كَهَاتَيْنِ

“Jarak antara pengutusanku dan hari kiamat bagaikan dua jari ini.” (HR. Bukhari, no. 6504 dan Muslim, no. 867, 2951)

Dalam riwayat Muslim disebutkan dari Sahl, bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sambil berisyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah, lalu beliau mengatakan,

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ هَكَذَا

“Antara aku diutus dan hari kiamat seperti ini.” (HR. Muslim, no. 2950)

Al-Qadhi ‘Iyadh mengatakan,”Ini menunjukkan sangat dekatnya kiamat dan diutusnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam. Juga menunjukkan bahwa tidak ada jari di antara keduanya dan berarti tidak ada Nabi lagi antara diutusnya beliau shallallahu ’alaihi wa sallam dan hari kiamat. (Syarh Shahih Muslim, 6: 140)

Dalam Tafsir Al-Baghowi ketika diturunkan surat An Nahl ayat 2, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan hadits di atas. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma lantas mengatakan,”Diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan tanda datangnya hari kiamat. Tatkala Jibril ‘alaihis salam yang menjadi utusan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati penghuni langit. Para penghuni langit tersebut mengatakan, “Allahu akbar, sebentar lagi terjadi kiamat.” (Ma’alim At-Tanzil, 2: 604)

Itulah salah satu tanda datangnya hari kiamat paling nyata dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat. 

Pustaka :

Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Al-Hajjaj. Cetakan Pertama, Tahun 1433 H. Yahya bin Syarf An Nawawi. Penerbit Dar Ibnu Hazm.
Ma’alim At-Tanzil (Tafsir Al-Baghowi). Cetakan kedua, tahun 1427 H. Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghowi. Penerbit Dar Thiybah.
rumaysho.com


loading...