Pengertian Kurikulum Menurut Definisi Ahli Pendidikan


Edukaislam.com - Kosakata kurikulum telah masuk ke dalam kosakata bahasa Indonesia, dengan arti susunan rencana pengajaran. Kosakata tersebut, menurut sebagian ahli, berasal dari bahasa latin, curriculum yang berarti bahan pengajaran, dan ada pula yang mengatakan, berasal dari bahasa Perancis, courier yang berarti berlari. Sedangkan dalam bahasa arab, ada yang menggunakan kosa kata al-manhaj yang bermakna jalan yang terang, atau jalan terang yang dilalui manusia pada berbagai bidang kehidupan.

Pengertian kurikulum menurut beberapa ahli pendidikan, sebagaimana dikutip oleh Abudin Nata, yaitu:

1. Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibani, adalah jalan yang terang yang dilalui oleh pendidik atau guru latih dengan orang-orang yang dididik dan dilatihnya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.

2. Crow and Crow, adalah rancangan pengajaran yang isinya sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis, sebagai syarat untuk menyelesaikan suatu program pendidikan tertentu
.
3. Muhammad Ali Khalil, adalah seperangkat perencanaan dan media untuk mengantar lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan.

4. Ahmad Tafsir, adalah tidak hanya sekedar berisi rencana pelajaran atau bidang studi, melainkan semua yang secara nyata terjadi dalam proses pendidikan di sekolah.

5. HasanLanggulung, adalah sejumlah pengalaman pendidikan, kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian, baik yang berada di dalam maupun di luar kelas yang dikelola oleh sekolah.




Referensi :
AbudinNata. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010), h. 121 - 124

loading...