Pengertian Ilmu Hadis dan Spesifikasinya

Edukaislam.com - Ulama hadis memberikan berbagai definisi tentang ilmu hadis, seperti dikemukakan oleh T. M. Hasbi Ashiddieqy bahwa ilmu hadis ialah ilmu yang berpautan dengan hadis. Definisi ini dirumuskan oleh beliau, mengingat bahwa ilmu yang berkaitan dengan hadis itu sangat beragam Hal ini disebabkan, selain ramainya ulama yang membahas tentang ilmu ini, juga perkembangan ilmu ini mengalami masa yang cukup panjang, sehingga ulama itu tidak hidup dalam satu periode yang sama.



Seiring dengan itu, istilah yang digunakan oleh ulama yang berkaitan dengan ilmu yang membahas tentang ilmu hadis ini sangat beragam. Di antaranya, ada ulama yang menggunakan dengan istilah Ilmu Hadis sendiri; ada yang menamainya dengan ‘Ilm Ushūl al-Hadīts, ada yang menamainya dengan ‘Ilm Mushthalah al-Hadīts ada yang menamainya dengan ‘Ilm Mushthalah Ahl al-Atsar, dan juga yang menamainya denganIlm Mushthalah Ahl al-Hadits. Kesemuanya itu mengandung pengertian tentang permasalahan pokok yang dibahas dalam masing-masing ilmu itu.

Dengan demikian, dapat dikemukan bahwa yang dimaksud dengan ilmu hadis ialah ilmu yang berkaitan dengan periwayatan suatu berita yang dinyatakan sebagai hadis yang berasal dan Nabi Muhammad Saw. untuk mengetahui kualitasnya. apakah dapat dijadikan sebagai hujah dalam berbagai perkara keislaman atau tidak.

Spesifikasi Ilmu Hadis

Ilmu hadis merupakan bidang pengetahuan yang spesifik Islam untuk mendalami pengkajian hadis, baik yang berkaitan dengan penentuan kualitas sanad dan matannya, maupun yang berkaitan dengan kandungan atau hukum yang terkandung di dalamnya mengenai berbagai perkara keislaman.

Ilmu hadis dinamakan spesifik Islam, karena hanya dalam Islam dikembangkan:


  • a. Pengetahuan tentang sanad, yaitu dipelajari dan diteliti secara mendalam.
  • b. Dipelajari biografi sekitar 500.000 orang periwayat hadis, khususnya mengenai kualitas pribadi (keadilan) dan kapasitas intelektual (ke-dhābith-an) mereka. Kitab yang membahas hal itu, selain jumlahnya banyak, juga jenis penyusunannya sangat beragam.
  • c. Pengetahuan yang khusus mempelajari berbagai istilah yang berkaitan dengan ilmu hadis, yakni ‘Ilm Mushthalah al-Hadlts.


Dengan demikian, ilmu hadis dipandang sebagai suatu ilmu yang spesifik Islam, sebab dengan mempelajari ilmu hadis secara mendalam dapat membantu umat Islam dalam mengkaji ajaran agamanya dengan sempurna dan memenuhi standar keilmuan. Dengan begitu, maka umat Islam tidak merasa ragu lagi tentang keabsahan dalam menjalankan setiap amalan yang dilakukannya berkaitan dengan ilmu hadis, yakni ‘Ilm Mushthalah al-Hadits.


Referensi:
Hasby Ash-Shiddiqy, T.M, 1980. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis. Jakarta: Bulan Bintang
M. Arief Halim, 2010. Ikhtisar Ilmu Hadis. Makassar
loading...