Kelebihan dan Kelemahan Teori Konstruktivisme

Edukaislam.com - Seperti halnya teori lainnya, dalam teori Kontruktivisme terdapat kelebihan dan kekurangan. Berikut kekurangan dan kelebihan teori belajar Kontruktivisme :


1. Kelebihan
  • a. Berpikir: Dalam proses membina pengetahuan baru, murid berpikir untuk menyelesaikan masalah, mencari idea dan membuat keputusan.
  • b. Paham: Oleh karena murid terlibat secara langsung dalam mebina pengetahuan baru, mereka akan lebih faham dan boleh mengapliksikannya dalam semua situasi.
  • c. Ingat: Oleh karena murid terlibat secara langsung dengan aktif, mereka akan ingat lebih lama semua konsep. Yakin Murid melalui pendekatan ini membina sendiri kefahaman mereka. Justru mereka lebih yakin menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam situasi baru.
  • d. Kecerdasan sosial: Kemahiran sosial diperolehi apabila berinteraksi dengan rekan dan guru dalam membina pengetahuan baru.
  • e. Senang: Oleh karena mereka terlibat secara terus, mereka paham, ingat, yakin dan berinteraksi dengan sehat, maka mereka akan terasa senang belajar dalam membina pengetahuan baru.


2. Kelemahan

Dalam bahasan kekurangan atau kelemahan ini mungkin bisa kita lihat dalam proses belajarnya dimana peran guru sebagai pendidik sepertinya kurang begitu mendukung.



Referensi : 
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplkasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: 
Rosda Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka
loading...