Dasar Pokok Dalam Pendidikan Islam

Edukaislam.com - Dasar Pendidikan Islam dapat dibagi kepada tiga kategori, yaitu dasar pokok, dasar tambahan, dan dasar operasional. Berikut ini adalah Dasar Pokok Dalam Pendidikan Islam

a. Al-Qur’an

Abdul Wahab mendefinisikan Al-Qur’an yaitu ”Kalam Allah yang diturunkan kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril dengan lafaz bahasa Arab dan makna hakiki untuk menjadi hujjah bagi Rasulullah atas kerasulannya dan menjadi pedoman bagi manusia membacanya sebagai ibadah”.



Al-Qur’an merupakan dasar pendidikan Islam karena Al-Qur’an menyampaikan pesan-pesan pendidikan kepada umat manusia yang berakal.Ayat-ayat yang berkaitan dengan akal pikiran manusia cukup banyak. Bukti bahwa Al-Qur’an memberikan dorongan agar segala hal harus menggunakan akal adalah surah Al-Baqarah:142

سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمْ عَن قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا ۚ قُل لِّلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ ۚ يَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Terjemahnya:

”Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata,’Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblat (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya ? ’Katakanlah,’Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus”.

Tidak dapat dimungkir lagi bahwa ilmu pendidikan bersumber dari Al-Qur’an. Misalnya,Al-Qor’an menjelaskan hukum-hukum yang berlaku di langit dan di bumi,tumbuh-tumbuhan,hewan,dan manusia.

Dari uraian di atas,bahwa Al-Qur’an sebagai sumber ilmu pendidikan,dapat disimpulkan bahwa kajian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan Islam bukan berarti ilmu agama Islam sebagai salah satu mata kuliah,melainkan sebagai paradigma ilmu pengetahuan yang berbasis kepada Islam atau sebagai sistem pendidikan.

b. As-Sunnah

Dasar Pendidikan yang kedua adalah as-sunnah. as-sunnah ialah perkataan,perbuatan dan ketetapan Rasulullah. as-sunnah dapat dijadikan dasar pendidikan karena as-sunnah menjadi sumber utama pendidikan Islam, karena Allah SWT menjadikan Muhammad SAW sebagai teladan bagi umatnya.As-sunnah juga berisi aqidah dan syari’ah. Sunnah berisi petunjuk untuk kemaslahatan hidup manusia dalam segala aspeknya,untuk membina umat menjadi anusia seutuhnya,atau muslim yang bertakwa. Untuk itu Rasulullah menjadi guru dan pendidik utama.Oleh karena itu,sunnah merupakan landasan kedua bagi cara pembinaan pribadi manusia muslim.



Referensi :
W.J.S. Purwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka. 2001).
Abudin Nata, 
Abdul Mujib,  Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam.(Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006). 
Zakiah Daradjat,Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta:Bumi Aksara,2006),
http://quran.com

loading...