Dasar Operasional Dalam Pendidikan Islam

Edukaislam.com - Dasar Pendidikan Islam dapat dibagi kepada tiga kategori, yaitu dasar pokok, dasar tambahan, dan dasar operasional. Nah jika sebelumnya kita telah membahas dasar pokok, dasar tambahan, selanjutnya inilah dasar operasional dalam pendidikan Islam :



1. Dasar Operasional Pendidikan Islam

Dasar Operasional Pendidikan Islam adalah dasar yang terbentuk sebagai aktualisasi dari dasar idea.Menurut Hasan Langgulung, dasar operasional ada enam macam.

  • a. Dasar Historis

Dasar historis adalah dasar yang memberikan andil kepada pendidikan dari hasil pengalaman masa lalu berupa peraturan dan budaya masyarakat.

  • b. Dasar Sosial

Dasar sosial yaitu dasar yang memberikan kerangka budaya dimana pendidikannya itu berkembang,seperti memindahkan,memilih,dan mengembangkan kebudayaan.

  • c. Dasar Ekonomi

Dasar ekonomi adalah dasar yang memberi persefektif terhadap potensi manusia berupa materi dan persiapan yang mengatur sumber-sumbernya yang bertanggung jawab terhadap anggaran pembelanjaannya.

  • d. Dasar Politik

Dasar politik yaitu,dasar yang memberikan bingkai dan idiologi dasar yang digunakan sebagai tempat bertolak untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan dan rencana yang telah dibuat.

  • e. Dasar Psikologis

Dasar psikologis adalah dasar yang memberikan informasi tentang watak pelajar-pelajar,guru-guru,cara-cara terbaik dalam praktek, pencapaian, penilaian, dan pengukuran secara bimbingan.

  • f. Dasar Fisiologis

Dasar fisiologis adalah dasar yang memberikan kemampuan memilih yang terbaik,memberi arah kepada semua dasar-dasar operasional lainnya.




Referensi :
W.J.S. Purwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka. 2001).
AbudinNata, Op.Cit. 
Abdul Mujib,  Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam.(Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006). 
Zakiah Daradjat,Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta:Bumi Aksara,2006),

loading...