Riwayat Hidup Filosof Islam Al-Kindi

Edukaislam.com - Al Kindi merupakan filosof pertama dalam dunia filsafat islam. Pemikiran-pemikiran filosofisnya sangat menonjol dikarenakan dia adalah seorang filosof muslim yang berusaha untuk mensinkronisasikan agama dan filsafat. Al Kindi meyakini bahwa agama dan filsafat atau nalar dan wahyu bisa diselaraskan.

Nama lengkap Al-Kindi adalah Abu Yusuf Ya’cup Ibnu Ishaq Ibnu Al-Shabbah Ibnu Imron Ibnu Muhammad Ibnu Asy’as Ibnu Qais Al-Kindi. Al-Kindi dilahirkan di Kufah sekitar tahun 185 H (801 M) dari keluarga kaya dan terhormat. Sedikit sekali informasi yang kita peroleh tentang pendidikannya. Ia pindah dari Kufah ke Basrah, sebuah pusat studi bahasa dan teologi Islam.

Kemudian selagi masih muda, ia menetap di Baghdad, ibu kota kerajaan Bani Abbas, yang juga sebagai jantung kehidupan intelektual pada masa itu.Ia sangat tekun mempelajari berbagai disiplin ilmu, oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila Al-kindi mendapat pengetahuan dan menguasai ilmu astronomi,ilmu ukur, ilmu alam, ilmu pasti, seni musik, meteorologi, optikal, kedokteran, matematika, filsafat dan politik. Al-Kindi adalah orang Islam pertama keturunan Arab dalam jajaran filosof terkemuka.

Terlepas dari sedikitnya informasi biografi tentang Al-Kindi, sumber-sumber klasik menyebutkan bahwa sumbangan besar Al-Kindi bagi perkembangan filsafat dan sains Islam, Ibn Nadim (w. 995) seorang pustakawan yang terpercaya menyebutkan adanya 242 buah karya Al-Kindi,dalam bidang yang telah kami sebutkan diatas. Selain karya yang berbentuk buku, AlKindi juga menulis sejumlah makalah yang menyangkut studi agama India, Chalden dan Harran.



Pustaka :
Sirajudin Zar, Filsafat Islam: Filosof dan filsafatnya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004), h.37.
Madjid Fakhry, A Short Introduction to Islamic Philosofhy,Teology and Misticisme,terj. Zainun Am, Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis, (Bandung : Mizan, 2001), Cet. I h.26
Ibid.
Haidar Bagir, Buku Saku Filsafat, (Bandung : Arasy, 2005), h. 104
Amroni Daradjat, Suhrawardi : Kritik Filsafat Paripetik, (Jakarta : LKIS, 2005), cet. I, h. 113

loading...