Pendiri dan Tokoh Utama Ahmadiyah

Edukaislam.com - Adapun Pendiri dan Tokoh Utama Ahmadiyah adalah sebagai berikut :


a. Pemimpin Ahmadiyah sepeninggal Mirza Ghulam Ahmad bernama Nuruddin. Pemerintah Inggris menyerahkan kepemimpinan Ahmadiyah ke­padanya dan diikuti para pendukungnya. Di an­tara tulisannya berjudul “Fashl al-Khithab”.

b. Pemimpin lainnya adalah Muhammad Ali dan Khaujah Kamaluddin. 

Amir Ahmadiyah di Lahore. Keduanya adalah corong dan ahli debat kelompok Ahmadiyah. Muhammad Ali telah menulis ter­jemah al-Qur’an dengan perubahan transkripnya ke dalam bahasa Inggris. Tulisannya yang lain. Haqiqot al-lkhtilaf an-Nubuwah fil-Islam dan ad-Din al-Islami. Khaujah Kamaluddin menulis kitab yang berjudul Matsal al-A’la fil Anbiya serta kitab-­kitab lain. Jamaah Ahmadiyah Lahore ini berpan­dangan bahwa Mirza Ghulam Ahmad hanyalah seorang mujaddid. Tetapi yang berpandangan se­perti ini dan yang tidak, mereka sama saja saling mengadopsi satu sama lain.

c. Muhammad Shadiq, mufti kelompok Ahmadiyah. Di antara tulisannya berjudul Khotam an-Nobiyyin.

d. Basyir Ahmad bin Ghulam, pemimpin pengganti kedua setelah Mirza Ghulam Ahmad. Di antara tu­lisannya berjudul Anwar al-Khilafah, Tuhfat al-Mu­luk, Haqiqot an-Nubuwwah.

e. Dzhafrilah Khan, menteri luar negeri Pakistan. Dia memiliki andil besar dalam menolong kelom­pok sesat ini, dengan memberikan tempat luas di daerah Punjab sebagai markas besar Ahmadiyah sedunia.


Pustaka :
Iskandar Zulkarnain, Gerakan Ahmadiyah di Indonesia (Cet; Yogyakarta: LKiS, 2005), h. 58
Yogaswara, Heboh Ahmadiyah: Mengapa Ahmadiyah Tidak langsung Dibubarkan?  (Cet. I; Yogyakarta: Narasi, 2008)h. 31


loading...