Karya-karya dan Kitab-Kitab Ibnu Sina


Edukaislam.com - Sahabat pasti sudah mengenal Tokoh Muslim Terkenal Ibnu Sina dalam pembahasan lalu tentang Biografi Lengkap Ibnu Sina, Di dunia barat beliau di kenal dengan nama Avicenna. Adapun kitab-kitab dan karya-karya beliau adalah sebagai berikut :

  • 1. Kitab al-qaanuun fi ath-thib (peraturan-peraturan kedokteran) yang selama 5 abad menjadi literatur penting bagi Fakultas-Fakultas kedokteran Eropa
  • 2. Kitab asy- syifa’ (penyembuhan), kitab yang membahas tentang filsafat dan sebagai karya terbesarnya dalam bidang filsafat.
  • 3. An-Najat ringkasan kitab Asy-Syifa.
  • 4. Tis’u rasail fi ath-thabi’iyat wa al-ajram al uluwiyah wa al-quwa al-insaniyah.
  • 5. Ia juga memiliki kitab tentang pembagian hikmah dan cabang-cabangnya, ilmu hudud, penetapan nubuwah, makna huruf hijaiyah dan ilmu etika.
  • 6. Rasail Ibn Sina: risalah hay bin yaqzhan, risalah ath their, risalah al-isyarat, risalah al-isyq, dan risalah al-qadar.
  • 7. Ibn Sina juga memiliki kasidah dan beberapa risalah dalam logika serta kasidah dalam psikologi.



Dalam Referensi lain juga dijelaskan terpisah mengenai karya Ibnu Sina : 


Asy-Syifa.

Buku ini adalah buku filsafat yang terpenting dan terbesar Ibnu Sina, dan terdiri dari empat bagian. yaitu logik, fisika, matematika dan metafisika (ketuhanan). Buku tersebut mempunyai beberapa naskah yang tersebar di berbagai perpustakaan di Barat dan Timur.

An-Najat

Buku ini merupakan keringkasan buku Asy-Syifa, dan pernah  diterbitkan bersama-sama dengan buku Al-Qanun dalam ilmu kedokteran pada tahun 1593 M di Roma dan pada tahun 1331 M di Mesir.

Al-Isyart wa Tanbihat

Buku ini adalah buku terakhir dan yang paling baik, dan pernah diterbitkan di Leiden pada tahun 1892 M, dan sebagiannya diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis. Kemudian, diterbitkan lagi di Kairo pada tahun 1947 di bawah asuhan Dr. Sulaiman Dunia

Al-Hikmat Al-Masyriqiiyyah

Buku ini banyak dibicarakan orang, karena tidak jelasnya maksud judul buku, dan naskah-naskahnya yang masih memuat bagian logika. Menurut Carlos Nallino, buku ini berisi filsafat Timur sebagai imbangan dari filsafat Barat.a

Al-Qanun atau Canon of Medicine,

Buku ini pernah di terjemahkan dalam bahasa latin dan pernah menjadi buku standar untuk universitas-universitas Eropa sampai akhir abad ke tujuh belas Masehi. Buku tersebut pernah diterbitkan di Roma tahun 1593 M, dan India tahun 1323 H. Risalah-risalaj lain yang banyak jumlahnya dalam lapangan filsafat, etika, logika dan fsikologi.



PUSTAKA

Daudy, Ahmad. 1984. Segi-segi Pemikiran Falsafi dalam Islam. Jakarta : Bulan Bintang
Hakim, Atang Abdul. dan Beni Ahmad Saebani. 2008. Filsafat Umum. Bandung : CV Pustaka Setia
Mustofa, A. 1997. Filsafat Islam. Bandung : CV Pustaka Setia
Poerwantoro, A. Ahmadi dan M.A Rosali.1994. Seluk Beluk Filsafat Islam.
Bandung :PT Remaja Rosa Karya
Zar, Sirajuddin. 2004. Filsafat Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo

loading...