Ternyata Begini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seluruh malam-malam yang ada. Sungguh sangat beruntung orang yang mendapatkan mmalam tersebut. Namun menurut Sahabat edukaislam, Mengapa dinamakan malam Lailatul Qadar? Dinamakan lailatul qadar karena pada malam itu malaikat diperintahkan oleh Allah swt untuk menuliskan ketetapan tentang kebaikan, rezeki dan keberkahan di tahun ini.

Adapun dalil tentang malam lailatul Qadar Dalam Al Qur'an adalah :


إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِين    فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيم    ٍأَمْرًا مِّنْ عِندِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ

Artinya : ”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahidan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan : 3 – 5)

Namun adakah ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa inilah Malam Lailatul Qadar? berdasarkan hadits Rasulullah yang menjadi tanda-tanda malam Lailaul Qadar adalah :
  
Pertama :
Sabda Rasulullah saw,Lailatul Qadar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani. 
Kedua :
Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul Qadar lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)
Ketiga :
 Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani) 
Keempat :
Rasulullah saw berabda,”Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar.” (HR. Muslim)

Dijelaskan Al Qurthubi bahwa pada malam Lailatul Qadar itu pula para malaikat turun dari setiap langit dan dari Sidrotul Muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar. Para malaikat bersama malaikat  Jibril turun dengan membawa rahmat atas perintah Allah swt juga membawa setiap urusan yang telah ditentukan dan ditetapkan Allah di tahun itu hingga yang akan datang. Sungguh dahsyat malam Lailatul Qadar karena pada malam itu adalah malam kesejahteraan dan kebaikan seluruhnya tanpa ada keburukan hingga terbit fajar.

Dalam Firman Allah SWT :


تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْر     ٍسَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ  
Artinya : ”Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qodr : 4 – 5)

Ciri-ciri Orang Yang Mendapatkan Lailatul Qadar
  • Orang yang mendapatkan lailatul qadar akan melihat semua dengan terang dikegelapan malam.  
  • Ia seolah dapat melihat seluruh benda dan makhluk di bumi bersujud kepada Allah 
  • Bisa mendengar suara malaikat dan semua tutur katanya 
  • Terkabul semua doa-doanya.  
  • Bahkan ada yang mengatakan orang itu tidak disyaratkan melihat tanda apa-apa yang berupa  fisik, namun bisa merasakan kedamaian, kekhusukan yang luar biasa.  
  • Karena sudah mengalami peristiwa spiritual yang luar biasa, maka akan tambah kuatlah imannya, perilaku sehari-hari akan lebih baik tentunya seperti senang sedekah, jauhi ghibah dan hal-hal yang tidak manfaat, lebih mampu mengendalikan diri dan lebih toleran pada orang lain, tak peduli golongan, suku bahkan agamanya.

Doa yang Dianjurkan Pada Malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW, mengajarkan doa yang harus di perbanyak pada alam lailatul Qadar sebagimana dalam Sebuah hadits :

Wahai Allah sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi Maaf, Engkau mencintai pemaafan karena itu berikanlah maaf kepadaku.” (HR. Ibnu Majah)

Wallahu A'lam

*Dirangkum dari berbagai sumber
loading...