Nama 10 Malaikat Yang Wajib di Imani Beserta Tugasnya

10 Malaikat yang Wajib di Imani beserta Tugasnya. Sahabat edukaislam, beberapa waktu yang lalu kita telah membahas 25 Nabi dan Rasul Yang Wajib di Imani. Nah sekarang kita membahas lagi Rukun Iman selanjutnya, yaitu Iman Kepada Malaikat. Nah sekarang mengingatkan teman-teman sekalian untuk flashback kembali nama 10 Malaikat yang wajib di Imani beserta tugasnya. Yuk kita lihat :

---10  Malaikat Allah Dan Tugasnya---

1. Jibril – Malaikat Jibril ini tugasnya adalah menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul. Terdapat ayat yang menjelaskannya di Al-Qur’an, 

 Allah berfirman:
“Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hati-mu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.” (Asy-Syu’ara: 193-194).

2. Mikail – Jika anda pernah mendapat rizki dalam hidup anda berupa apa saja, bisa harta, kesehatan atau apapun. Ketahuilah bahwa malaikat Mikail lah yang membagikan rizki tersebut. Ya, malaikat Mikail tugasnya adalah membagikan rizki.


(( بَيْنَا رَجُلٌ بِفَلاَةٍ مِنَ الأَرْضِ فَسَمِعَ صَوْتًا فِيْ سَحَابِةٍ: أَسْقِ حَدِيْقَةَ فُلاَنٍ فَتَنَحَّى ذلِكَ السَّحَابُ فَأَفْرَغَ مَاءَهُ فِيْ حَرَّةٍ فَإِذَا شَرْجَةٌ مِنْ تِلْكَ الشِّرَاجِ قَدِاسْتَوْعَبَتْ ذَلِكَ الْمَاءَ كُلَّهُ ... الحَدِيْثُ ))


“Tatkala seorang laki-laki berada di tanah lapang (gurun) dia mendengar suara di awan, ‘Siramilah kebun fulan’, maka menjauhlah awan tersebut kemudian menumpahkan air di suatu tanah yang berbatu hitam, maka saluran air di situ -dari saluran-saluran yang ada- telah memuat air seluruhnya...” (HR. Muslim, 4/2288).

3. Israfil – Dalam rukun iman yang terakhir atau yang keenam kita umat manusia khususnya umat muslim wajib beriman kepada hari kiamat. Ketahuilah bahwa pada hari kiamat nanti akan ada malaikat yang bertugas untuk meniup terompet Sangkakala namanya, pertanda bahwa berakhir sudah kehidupan di dunia ini. Malaikat yang mendapat tugas tersebut adalah malaikat Israfil, sang peniup Sangkakala.
Firman Allah:
“…di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan nampak. Dan Dialah Yang Mahabijaksana lagi Maha Mengetahui.” (Al-An’am: 73).
Dan firman Allah:
“…kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu kami kumpulkan mereka itu semuanya.” (Al-Kahfi: 99). 

4. Izrail – Allah berfirman dalam Al-Qur’an pada surat Ali Imran ayat 185 yang berbunyi “setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati”. Ketahuilah, bahwa malaikai Izrail lah yang bertugas untuk mencabut nyawa.
Allah berfirman:
“Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmu-lah kamu akan dikembalikan.” (As-Sajdah: 11).

5. Munkar – Ketika kita sudah mati dan berada dalam kubur, ada malaikat yang akan menanyakan amal perbuatan kita semasa kita hidup dan akan menyiksa kita ketika kita tidak bisa menjawabnya, yakni malaikat Munkar yang bertugas menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

Dalam Firman-Nya:
“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam Surga berombong-rombong (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke Surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, ‘Kesejahteraan (dilim-pahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah Surga ini, sedang kamu kekal didalamnya.” (Az-Zumar:73).

6. Nakir – Adalah malaikat Nakir yang mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar, malaikat Munkar dan Nakir mempunyai tugas yang sama di alam kubur yaitu menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

Firman Allah ketika menyifati Neraka Saqar:
“Tahukah kamu apakah (Neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). Dan tiada Kami jadikan penjaga Neraka itu melainkan malaikat.” (Al-Muddatstsir: 27-30).

Dan Allah bercerita tentang penduduk Neraka:
“Mereka berseru, ‘Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja’. Dia menjawab, ‘Kamu akan tetap tinggal (di Neraka ini).” (Az-Zukhruf: 77).

7. Raqib – Manusia didunia ini pasti pernah melakukan sesuatu yang baik maupun buruk, terlepas dia sengaja atau tidak. Ketahuilah bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat semua amal perbuatan kita yang baik semasa kita hidup di dunia ini. Dia adalah malaikat Raqib, sang pencatat amal baik.

Allah dalam firmanNya:
“Sama saja (bagi Tuhan), siapa di antaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.” (Ar-Ra’d: 10-11).

8. Atid – Jika kita tadi membahas malaikat Raqib yang tugasnya mencatat amal baik manusia pada semasa hidupnya. Lain dengan malaikat Atid, malaikat Atid mempunyai tugas kebalikan dari malaikat Raqib yaitu mencatat seluruh amal buruk perbuatan manusia sema hidup di dunia.

9. Malik – Percayalah bahwa kita semua tidak akan mau menyinggahi tempat yang satu ini, tempat ini diciptakan untuk orang-orang yang kufur kepada Allah SWT, orang-orang yang tidak berada dijalanNya dan tidak pernah patuh kepada perintahNya, tempat tersebut adalah neraka. Dan malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka adalah malaikat Malik.

10. Ridwan – Berbeda dengan yang diatas, jika kita orang yang selalu amanah dijalan Allah SWT, orang yang yang selalu taat pada perintahNya dan layak untuk singgah di surga nya Allah SWT. Ketahuilah, bahwa disana ada malaikat Ridwan sang penjaga pintu surga.

Demikianlah pembahasan mengenai malaikat dan tugas-tugasnya, semoga bermanfaat.!

loading...