Dalil Tentang Kewajiban Terhadap Sesama Muslim

Edukaislam.com - Sebagai seorang Muslim kita memiliki kewajiban terhadap sesama saudara se Iman. Namun Tahukah kita apa saja kewajiban kita terhadap Muslim lainnya.
 
Dalam hadits Bukhari wa Muslim dijelaskan :


حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّ السَّلَامِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada lima: (1) Menjawab salam, (2) menjenguk orang sakit, (3) mengantar jenazah, (4) memenuhi undangan, dan (5) mendoakan yangbersin.” (HR. Bukhari, no. 1240, dan Muslim no. 2162)

Dalam hadits lain di sebutkan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ  “حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إذَا لَقِيْتــَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاك
فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَك  فَانْصَحْهُ،  وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَ إِذاَ  مَرِضَ  فَعُدْهُ، وَإِذاَ  ماَتَ

فاتـْبَعْهُ”.  (رَواهُ مُسلمٌ، بَابُ مِنْ حَقِّ الْمُسْلِمِ لِلْمُسْلِمِ رَدُّ السَّلَامِ برقم 2162

Terjemah Hadis:

 Bersabda:r ia berkata: Rasulullah Dari Abu Hurairah
“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu: 


  • (1) jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, 
  • (2) jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya, 
  • (3) jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, 
  • (4) jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka do’akanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu), 
  • (5) jika ia sakit maka jenguklah dan 
  • (6) jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya”.
  • (HR. Muslim, no. 2162).


Maka dengan jelas dari dalil tersebut berikut kita simpulkan Lima kewajiban Muslim terhadap Muslim Lainnya :

1.      1. Menjawab salam

Kalau mengucap salam adalah sunnah, maka menjawabnya adalah sebuah kewajiban.
Salam merupakan doa seorang Muslim kepada Muslim lainnya, jika ada seseorang yang mengucapkan salam kepada kita berati ia sedang mendo’akan kita, maka dari itu kita yang mendengarnya juga harus membalas mendo’akan dengan menjawab salam kepada si pemberi salam. 

2.      Menjenguk Orang Yang Sakit

Islam mensyariatkan pemeluknya untuk menjenguk saudaranya ketika mereka sedang sakit, karena diharapkan dengan demikian secara mental saudara mereka yang sakit akan lebih kuat, dan barangkali dengan perantara do’anya akan jadi kesembuhan bagi penyakit yang diderita. Dengan menjenguk orang yang sedang sakit, maka kita juga akan lebih mempererat tali silaturahmi.

3.      Mengurus jenazah

Ini merupakan bentuk penghormatan terakhir setiap Muslim kepada saudaranya yang sudah meninggal. Syariat Islam sangat menganjurkan umatnya untuk mengurusi jenazah saudaranya yang telah meninggal dunia, mulai dari memandikan, mengkafani, mensholati hingga menguburkannya.

4.      Memenuhi Undangan

Apabila mendapat undangan, hendaknya bagi setiap muslim untuk menghadirinya.Dengan kita hadir/memenuhi undangan tersebut, berarti kita telah menghormati orang yang memberi undangan (orang yang mengundang).
Serta akan lebih memperkuat dan mempererat hubungan persaudaran antara Muslim satu dengan yang lain.

5.      Mendoakan Orang Yang Bersin

Disunnahkan untuk orang yang bersin mengucap hamdalah (Alhamdulillah) sebagai ucapan syukur atas karunia Allah kepadanya.
Muslim yang mendengarkannya dianjurkan mengucap “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu)..


Kemudian orang yang bersin tadi disunahkan membalas pula dengan do’a “yahdikumullah“(semoga Allah memberimu petunjuk).
Bukankah indah luar biasa, jika setiap Muslim dapat saling mendoakan..dan saling memenuhi kewajibannya kepada saudara-saudaranya.

Demikian sedikit penjelasan dan dasar dalil tentang lima kewajiban Muslim Terhadap Muslim lainnya. Semoga dengan mengetahui kewajiban masing-masing menjadikan ukhuwah sesama Muslim semakin kuat dan Erat.


loading...